Tuesday, June 3, 2014

Wisata pulau di Bangka Belitung

Kegiatan hari kedua di Belitung yaitu tour ke pulau-pulau. Sekitar jam 8 pagi kita dijemput oleh pak Rizal untuk pergi menuju dermaga di Pantai Tanjung Kelayang, dimana disana kita bisa sewa perahu dan juga bisa sewa alat snorkeling.

Sebelum ke Tanjung Kelayang, kita dibawa untuk membeli bekal makan siang disebuah rumah makan yang bernama Masakan Rumahan, untuk jaga-jaga kalau dipulau nanti tidak ada penjual makanan. Masakan rumahan ini ada banyak macam menu masakan sayuran dan ikan, untuk harganya juga terjangkau.

Setelah selesai memesan nasi bungkus, kita langsung menuju pantai tanjung kelayang untuk bersiap-siap tour pulau. Kurang lebih 30 menit perjalanan, kita sampai di pantai tanjung kelayang. Sesampainya disana langsung menemui bapak pemilik perahu, harga sewa perahu untuk tour pulau Rp 500.000 untuk seharian keliling pulau dan disini juga bisa sewa alat snorkeling Rp 40.000 / set

Pantai Tanjung Kelayang
Perahu yang di sewa untuk keliling pulau
Pulau pertama yang dikunjungi yaitu pulau burung, kenapa disebut pulau burung?? Karena dipulau ini terdapat batu yang bentuknya menyerupai burung. Tapi sayang sekali kita ngga turun hanya berfoto dari perahu saja.

Setelah pulau burung, kita berlanjut ke pulau batu berlayar, dimana dipulau ini terdapat batu yang sangat besar menyerupai layar. Yeeee, seneng banget dipulau ini kita mendarat untuk mengambil beberapa foto dan seperti biasa pak Rizal dengan senang hati membatu untuk mengambil beberapa foto kami berdua. Oh ya, disini ketemu beberapa pemuda yang sepertinya mereka itu seorang fotografer dengan babawaan perlengkapan kamera dslr nya..

Tanjung Layar
Pulau selanjutnya yang ingin dikunjungi yaitu pulau gosong atau pulau pasir, karena air laut yang sedang tidak pasang, maka pulau pasir ini akan terlihat. Namun apabila sedang pasang akan tertutup air laut. Mendekati pulau ini, sang nahkoda kapal nyebur ke laut untuk ambil beberapa bintang laut yang nanti bisa dipake untuk sesi foto-foto..seruuu banget berada ditengah-tengah laut, berdiri diatas tumpukan pasir putih yang halus..

Pulau Gosong atau Pulau Pasir
Next.. pulau lengkuas sudah menunggu. Dipulau ini terdapat mercusuar yang masih berdiri kokoh, kita bisa menaiki nya untuk dapat melihat keindahan pantai dari atas mercusuar. Tidak jauh dari dari pulau lengkuas terdapat spot untuk snorkeling.

Mercusuar di Pulau Lengkuas
Setelah puas bermain dipulau lengkuas, saatnya untuk kembali ke tanjung kelayang.  Tapi sebelumnya ternyata kita melewati sebuah pantai yang bernama pulau babi besar dan kita pun mampir sebentar hanya untuk mengambil beberapa foto.

Pulau Babi
View dari Pulau Babi

Ombak disini semakin sore semakin besar arusnya sehingga membuat perahu terombang ambing miring ke kanan dan kiri, hampir membuat serem juga sih. Sekitar jam 4 sore kita sampai di tanjung kelayang, disini terdapat tempat untuk membilas badan dan berganti pakaian bersih.. kemudian setelah beres bersihkan badan, kita menemui bapak pemilik perahu untuk proses pembayaran dan kita membayar total Rp  580.000 untuk sewa perahu dan 2 set alat snorkeling.
Waktunya kembali ke hotel untuk istirahat setelah seharian berkeliling pulau yang ada di bangka belitung.