Wednesday, June 4, 2014

Danau Kaolin Yang Indah Tapi Memilukan

Jarak tempuh Jakarta ke Tanjung Pandan ditempuh kurang dari 1 jam perjalanan dengan pesawat. Disaat sebelum mendarat, dari atas sudah terlihat Pulau Bangka Belitung yang terdiri dari bukit-bukit dan yang paling mengejutkan adalah terlihat banyak sekali lubang-lubang bekas penambangan timah yang sudah ditinggalkan dan sekarang menjadi sebuah danau.
Danau tersebut terbentuk dari penambangan timah yang ditinggalkan begitu saja tanpa di urug kembali, dan kemudian cekungan dari penambangan timah tersebut terisi oleh air hujan dan jadilah sebuah danau. Info yang didapat dari salah satu penduduk disini, timah tersebut akan digunakan untuk bahan industri salah satunya sebagai bahan pembuatan kosmetik.

Pertambangan timah tersebut menjadi salah satu mata pencaharian bagi penduduk Bangka Belitung, jadi tidak heran kalau dimana-mana terdapat danau yang dulunya menjadi tempat penambangan timah.

Danau Kaolin ini hampir sama dengan Kawah Putih yang berada di daerah Ciwidey, Bandung. Bedanya di danau kaolin tidak tercium aroma belerang seperti di kawah putih yang bisa bikin kepala jadi pusing..

Memang indah, danau yang berwarna hijau tosca dan biru langit ditambah lagi dengan cuaca yang cerah dengan langit yang biru membuat pemandangan disini lebih memukau mata. Tetapi memilukan sekali kalau ternyata penyebab terbentuknya danau ini dikarenakan ulah manusia yang menggali demi mencari keuntungan tanpa memikirkan untuk melakukan penghijauan kembali untuk lahan yang digunakan sebagai penambangan timah tersebut.

No comments:

Post a Comment