Thursday, October 24, 2013

Wisata Sejarah Lawang Sewu

Bangunan yang sudah di renovasi
Lawang Sewu merupakan sebuah gedung bersejarah yang dibangun oleh  Pemerintah Belanda. Lokasi Lawang Sewu berada di Semarang, Jawa Tengah.

Pada awalnya gedung ini digunakan sebagai Kantor Kereta Api Indonesia. Selain itu pernah juga di pakai sebagai Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer.

Masyarakat setempat menyebut lawang sewu dikarenakan bangunan disini memiliki pintu yang sangat banyak, tetapi kenyataannya jumlah pintunya tidak sampai seribu. Bangunan ini memiliki jendela yang tinggi dan lebar, sehingga terlihat seperti pintu.

Sampai saat ini bangunan yang dibuat oleh Pemerintah Belanda ini masih berdiri kokoh dan megah di tengah-tengah kota Semarang. Pemerintah setempat pun merawat dan merenovasi bangunan peninggalan pemerintah Belanda ini.


Banyak wisatawan yang berkunjung ke lawang sewu sehingga menjadikan lawang sewu sebagai objek wisata utama di Kota Semarang. Objek wisata Lawang Sewu ini dibuka untuk umum sebagai salah satu tempat wisata sejarah yang ada di semarang. Untuk harga tiket masuk sebesar Rp 10.000,- per orang dan Rp 30.000,- untuk bayar guide. Kalau tidak pakai guide juga ngga apa-apa,, suka2 aja sih.. tapi kalau yang berkunjung kesini hanya berdua dengan pasangan, mungkin menggunakan guide lebih baik karena bisa sekalian jadi tukang fotonya..hehehe..


Sekarang ini bangunan tua tersebut sudah pada tahap renovasi dan revitalisasi yang dilakukan oleh Unit Pelestarian benda dan bangunan bersejarah PT Kereta Api Persero. Sehingga membuat bangunan tersebut sudah jauh lebih bagus dan tidak terlalu menyeramkan, tetapi untuk bangunan yang belum di renovasi yang masih dengan keasliannya membuat rasa takut jadi muncul.



Lawang sewu ini sempat dijadikan lokasi syuting Dunia Lain dan sempat tertangkap oleh kamera sesosok uka-uka..hehhee... Alhasil, saya tidak berani masuk ke dalam gedung apalagi sampai ke lorong bawah tanahnya.. sereemmm

Uap Lokomotif 

Pelataran Lawang Sewu


2 comments: