Thursday, October 24, 2013

Wisata Semarang : Kelenteng Sam Po Kong


Salah satu Klenteng yang terkenal di Kota Semarang adalah Klenteng Sam Po Kong. Klenteng Sam Po Kong adalah sebuah petilasan atau bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok yang beragama islam bernama Zheng He (Cheng Ho).




Menurut cerita, Laksamana Zheng He yang sedang berlayar melewati laut jawa ada seorang awak kapalnya yang sakit, kemudian ia memerintahkan untuk membuang sauh. Lalu merapat ke pantai utara semarang dan mendirikan sebuah masjid di tepi pantai yang sekarang telah berubah fungsi menjadi klenteng. Tetapi bangunan ini sekarang telah berada di tengah kota Semarang dikarenakan pantai utara jawa selalu mengalami pendangkalan akibat adanya sedimentasi sehingga lama-lama daratan semakin meluas. Begitulah history dari Klenteng Sam Po Kong ini.


Klenteng Sam Po Kong ini selain untuk tempat sembahyang untuk warga tionghoa, Klenteng ini juga sudah di buka untuk umum sebagai lokasi wisata kota Semarang. Klenteng ini merupakan salah satu klenteng di kota semarang yang cukup bagus karena disini menyuguhkan bangunan-bangunan yang mirip seperti di China.



Untuk dapat masuk ke area Klenteng dikenakan biaya HTM sebesar Rp 3.000,- per orang, tidak mahal kan.. Apalagi disini kita bisa hunting lokasi yang bagus untuk pengambilan foto.. jadi, ngga nyesel deh kalo ke Semarang mampir ke Klenteng Sam Po Kong ini yang beralamat kan di Jalan Simongan Raya, Semarang.

No comments:

Post a Comment