Saturday, October 26, 2013

Penangkaran Hiu di Karimun Jawa

Pulau Menjangan Besar ini merupakan pulau penangkaran hiu. Pulau Menjangan Besar letaknya tidak jauh dari Pulau Karimunjawa, hanya sekitar 300 meter sebelah barat Pulau Karimunjawa dengan luas sekitar 56 hektar.

Kolam Penangkaran Hiu
Jadi, sebelum kembali ke Pulau Karimun Jawa, mampir dulu di penangkaran Hiu yang berada di Pulau Menjangan Besar. Penangkaran hiu di pulau menjangan besar ini dibagi menjadi 2 kolam, yaitu 1 kolam untuk hiu yang berusia muda dan 1 kolam lagi untuk hiu yang berusia sudah tua.

Shark di Pulau Menjangan Besar

Oh ya, disini kita bisa berenang bersama hiu dengan membayar Rp 15.000,- per orang dengan syarat tidak sedang dalam menstruasi dan ada luka.. Dikarenakan kaki saya sedang luka berdarah akibat tergerus oleh terumbu karang, jadi saya ngga berani untuk turun ke kolam hiu tersebut. Sayang banget ya, udah jauh-jauh dateng kesini, kok malah gak berenang sama hiu nya..hehehe.. Padahal tantangan banget untuk bisa berenang sama ikan hiu.

Bintang Laut




Penyu











Disini ngga hanya ada hiu aja, tetapi ada beberapa fauna laut seperti penyu, bintang laut, ikan kerapu, ikan pari, ikan buntel dan masih banyak lagi..
Dipulau ini juga terdapat penginapan yang didepannya langsung ke penangkaran hiu, jadi bisa setiap saat deh berenang sama hiu.


1 comment: