Friday, October 21, 2011

Melihat Keindahan Candi Prambanan

Candi Prambanan
Perjalanan kali ini saya akan pergi ke DI Yogyakarta yang terkenal dengan candi-candi nya, salah satu yang terkenal dan sudah masuk ke 7 keajaiban dunia yaitu Candi Borobudur. Namun candi pertama yang saya kunjungi bukan candi Borobudur melainkan candi Prambanan, karena berhubung saya sampai Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta jam 15.30 pm saya dan teman-teman langsung menuju Candi Prambanan karena lokasinya tidak jauh dari Bandara Adi Sucipto sekitar 30 menit sudah sampai di kawasan wisata Candi Prambanan.

Pelataran Candi

Untuk memasuki kawasan wisata Candi Prambanan ini dikenakan biaya sebesar Rp 20.000,- per orang dan Rp 5.000,- untuk kendaraan roda empat. Perjanalan untuk menuju Candi Prambanan ini lumayan jauh tapi sepanjang perjalanan suasanannya sangat indah sehingga gak kerasa sudah sampai tepat di depan jalan kearah Candi Prambanan, dan tidak lupa untuk mengambil beberapa foto untuk diabadikan.

Sesampainya diatas saya melihat deretan Candi Prambanan memiliki 3 candi utama di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi tersebut adalah lambang Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Ketiga candi itu menghadap ke timur. Bagian tepi candi dibatasi dengan pagar, yang dihiasi dengan relief Ramayana

Candi Prambanan
Setelah puas menikmati indahnya Candi Prambanan, saya dan teman-teman bergegas untuk pergi mengunjungi Candi Boko yang ada di kawasan Candi Prambanan ini, tapi sayangnya waktu berkunjung sudah ditutup karena memang sudah jam 17.30 pm. Sempat kecewa tapi kami masih bersemangat untuk mengunjungi satu Candi lagi yang lokasinya tidak cukup jauh dari Prambanan hanya 20 menit untuk mencapai lokasi Candi Plaosan di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Prambanan, Jawa Tengah 57454, Indonesia.


Sesampainya di lokasi Candi Plaosan ternyata waktu kunjungnya sudah ditutup tapi senangnya para penjaga kawasan Candi Plaosan tersebut baik mau membiarkan saya dan teman-teman tetap masuk ke dalam kawasan Candi Plaosan tersebut namun dengan pengawasan penjaga. Hanya di kenakan biaya sebesar Rp 50.000,- kami berenam bisa jalan-jalan di kegelapan kawasan Candi Plaosan tersebut. Tidak banyak foto yang diambil dikawasan ini karena hari sudah sangat gelap dan kamera yang dibawa juga bukan kamera professional, hanya sebuah kamera digital biasa sehingga tidak dapat mengambil objek yang bagus di kegelapan.

Candi Plaosan
Setelah berkeliling di kawasan Candi Plaosan ini, tujuan selanjutnya yaitu ke Jalan Maliboro untuk menyantap makan malam di lesehan Jl. Malioboro. Selesai makan tidak lupa untuk mampir ke alun-alun kota Yogyakarta yang terkenal dengan lokasi pohon Beringin kembar, yang terdapat mitos apabila dapat melewati kedua pohon beringin tersebut dalam keadaan mata tertutup, keinginan kita dapat terwujud. Lelah bermain-main di alun-alun saatnya untuk check in hotel untuk beristirahat

No comments:

Post a Comment